Jumat, 02 Maret 2012

Aplikasi Internet

   
  Internet memberikan banyak sekali manfaat bagi manusia terutama di bidang informasi.Perkembangan kebutuhan masyarakat akan informasi mendorong para pembuat program berinovasi menciptakan aplikasi internet baru.Bertambahnya aplikasi akhirnya akan menambah daftar keuntungan menggunakan internet,Beberapa aplikasi yang disediakan internet antara lain World Wide Web(WWW), E-Mail, Mailing List,FTP, newsgroup,IRC, dan blog. Untuk memahami karakterisik dan fungsi aplikasi tersebut, perhatikan uraian berikut ini.

A.    World Wide Web (WWW). WWW adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web dibuat dengan menggunakan format HTML.

B.     E-Mail. E-Mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana     komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Adapun situs yang   memberikan layanan e-mail seperti yahoo!, Gmail, bolehmail dan masih banyak lagi.

C.     Mailing List. Mailing list atau Milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.

D.    Newsgroup. Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Biasanya, anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topik-topik tertentu.

E.     Internet Relay Chat. IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Bercakap-cakap di internet dikenal dengan istilah chatting.

F.     File Transfer Protocol. FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain. FTP biasa digunakan untuk download dan upload file.

G.    Blog merupakan aplikasi web yang berupa tulisan yang diunggah pada sebuah halaman web. Blog banyak digunakan sebagai catatan harian, media kampanye, dan publikasi program baik dari pemerintah maupun instansi swasta.Saat ini, blog banyak juga digunakan sebagai toko online karena untuk membuatnya ralatif mudah dibuat dan gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar